• Maret
    Vol 7 No 2 (2017)
  • November
    Vol 7 No 1 (2016)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkessia) volume VII nomor 1 bulan November 2016 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai analisis kandungan karbohidrat, serat, dan indeks glikemik pada hasil olahan beras siam unus, faktor motivasi pemberian penyuluhan kesehatan oleh petugas gizi, rasio lingkar pinggang panggul dengan kadar low density lipoprotein pasien penyakit jantung, hubungan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap status gizi dan status kesehatan anak. Penelitian kebidanan mengenai pelayanan persalinan bidan dan dukun, kejadian anemia pada ibu hamil, dan pemberian kunyit asam terhadap intensitas nyeri saat haid. Adapun penelitian rekam medik mengenai sistem pencatatan dan pelaporan terpadu puskesmas.

    Dalam jurnal ini diungkapkan penelitian gizi tentang bagaimana analisis kandungan karbohidrat, serat, dan indeks glikemik pada hasil olahan Beras Siam Unus Sebagai Alternatif Makanan Selingan Penderita Diabetes Mellitus, serta membahas evaluasi faktor motivasi pemberian penyuluhan kesehatan oleh petugas gizi di pos pelayanan terpadu lanjut usia, juga menerangkan hubungan rasio lingkar pinggang panggul dengan kadar low density lipoprotein pasien penyakit jantung, dan hubungan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap status gizi dan status kesehatan anak sekolah dasar.

    Bidang penelitian kebidanan membahas tentang pelayanan persalinan bidan dan dukun, serta hubungan pendidikan, pengetahuan, dan dukungan suami dengan kejadian anemia pada ibu hamil, dan membahas pengaruh pemberian kunyit asam terhadap intensitas nyeri saat haid pada remaja tingkat SMA.

    Bidang penelitian rekam medik mengungkap bagaimana hubungan jumlaj tenaga administrasi manajemen dan sarana pasaranan dengan keterlambatan dan ketidaklengkapan sistem pencatatan dan pelaporan terpadu puskesmas (SP2TP).

  • Juli
    Vol 6 No 3 (2016)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkessia) volume VI nomor 3 bulan Juli 2016 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai pengaruh proporsi tepung dan daya terima mie basah, perbedaan mutu serta daya terima jus tomat, serta faktor risiko kejadian bayi BBLR. Adapun penelitian rekam medik mengenai pelaksaan family folder rekam medis, sedangkan penelitian kesehatan umum mengenai efektifitas penyuluhan NAPZA, kejadian dismenore, kejadian tuberkulosis paru, serta perilaku pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

    Dalam jurnal ini diungkapkan bagaimana pengaruh proporsi tepung terigu, tepung tempe, dan tepung daun kelor terhadap mutu (protein dan zat besi) dan daya terima mie basah; perbedaan mutu (karbohidrat, serat dan vitamin C) serta daya terima jus tomat (Lycopersicum esculentum var. grandifolium) berkulit dan tanpa kulit yang diolah menggunakan berbagai alat pengolahan sebagai minuman alternatif penderita diabetes mellitus; apa saja faktor-faktor risiko kejadian bayi berat badan lahir rendah (BBLR).

    Bidang penelitian rekam medik dan kesehatan mengungkap bagaimana tinjauan pelaksaan family folder untuk rekam medis rawat jalan di puskesmas; bagaimana efektivitas penyuluhan NAPZA terhadap tingkat pengetahuan siswa di SMK; bagaimana hubungan stres dan riwayat keluarga dengan kejadian dismenore; bagaimana hubungan kondisi lingkungan fisik rumah dengan kejadian tuberkulosis paru; bagaimana hubungan pengetahuan dan riwayat penyakit keluarga dengan perilaku pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada mahasiswi.

  • November
    Vol 6 No 1 (2015)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkessia) edisi keenam bulan November 2015 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai proporsi daging ayam (Gallus Gallus) dan Jantung Pisang (Musa Paradisiaca), Tingkat Pengetahuan Gizi, Konsumsi Natrium, Kadar Protein dan Kadar Lemak Ikan Patin (Pangasius hypophtalmus), sedangkan penelitian kebidanan mengenai Pemberian Tablet Fe . Konsumsi Sayuran Kalakai, Pengetahuan Ibu Tentang Infeksi Kecacingan dan Efektivitas Paket Pereda Disminore . Adapun penelitian rekam medik mengenai Evaluasi Uraian Tugas dan Tinjauan Kualitas Data Klinis Pasien Bedah.

    Dalam jurnal ini diungkapkan bagaimana Pengaruh Proporsi Daging Ayam Dan Jantung Pisang Terhadap Kadar Protein, Kadar Serat, Kadar Air Dan Daya Terima Abon; bagaimana Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Konsumsi Natrium Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi; bagaimana Kadar Protein dan Kadar Lemak Ikan Patin (Pangasius hypophtalmus) dengan berbagai metode pengolahan. Selain itu diungkapkan juga tentang Perbandingan Antara Pemberian Tablet Fe dan Mengkonsumsi Sayuran Kalakai pada Ibu Hamil Terhadap Kenaikan Kadar Hb; tentang Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Infeksi Kecacingan dengan Status Gizi Balita dan mengenai Efektivitas Paket Pereda Terhadap Intensitas Nyeri Dismenore Pada Remaja.

    Bidang penelitian rekam medik dan kesehatan mengungkap bagaimana Evaluasi Uraian Tugas Di Sub Bagian Rekam Medis Dan Sistem Informasi Manajemen serta babagaimana Tinjauan Kualitas Data Klinis Pasien Bedah Pada Rekam Medis Rawat Inap.

  • Juli
    Vol 5 No 3 (2015)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkesia) edisi kelima bulan Juli 2015 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenaiStatus Ekonomi, Pengetahuan Dan Perilaku Anak, danProporsi Daging IkanPatin. Sedangkan penelitian kebidanan mengenaiTingkat Pengetahuan, UmurIbu, danTingkat Pengetahuan Ibu. Adapun penelitian rekam medik mengenaiStatus Kepegawaian, danKeakuratan Kode Diagnosis Gastroenteritis .

    Dalam jurnal ini diungkapkan bagaimanaHubungan Status Ekonomi dengan Konsumsi Buah, Sayur dan Pengetahuan Gizi Terhadap Status Gizi pada Siswa;Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Anak Dengan Kebiasaan Jajan;Pengaruh Proporsi Daging IkanPatin (Pangasiushypophthalamus) dan Wortel (Daucuscarota L) Terhadap Kadar Protein, Kalsium, Dan Daya Terima Stik Nuget Ikan. Selain itu, diungkapkan juga bagaimanaGambaran Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Deteksi Dini Kanker Payudara;Hubungan Umur, Paritas Dan PendidikanIbuDenganKejadian Intra Uterin Fetal Death (IUFD) Di RuangBersalin;Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Makanan Tambahan Pada Bayi Usia 0-6 Bulan.

    Bidang penelitian rekam medik mengungkap bagaimanaHubungan Status Kepegawaian Dan Masa Kerja Staf Unit Kerja Rekam Medis Dengan Produktivitas Kerja;Tinjauan Keakuratan Kode Diagnosis Gastroenteritis Pada Pasien Rawat Inap Berdasarkan ICD-10 Dan Hasil Pemeriksaan Laboratorium.

  • Maret
    Vol 5 No 2 (2015)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkesia) edisi kelima bulan Maret 2015 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai Konsumsi Natrium, Sikap Diet Penurunan Berat Badan, Status Gizi, dan Tingkat Konsumsi Energi. Sedangkan penelitian kebidanan mengenai Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil, dan Status Gizi Ibu Hamil Primigravida Trimester III. Adapun penelitian rekam medik mengenai Tata Letak Ruang, dan Proses Pengisian Persetujuan Tindakan Kedokteran.

    Dalam jurnal ini diungkapkan Pola Konsumsi Natrium dan Lemak sebagai Faktor Risiko Terjadinya Penyakit Hipertensi; Hubungan Sikap Diet Penurunan Berat Badan dan Pengetahuan Diet Terhadap Status Gizi Remaja Putri; Hubungan Tingkat Konsumsi Energi Dan Protein Dengan Ketahanan Fisik Atlet Sepak Bola; Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi pada Anak Autis. Selain itu,diungkapkan juga bagaimana Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Dengan KEelengkapan Imunisasi Tetanus Toksoid (TT); Pengaruh Status Gizi Ibu Hamil Primigravida Trimester III Dengan Kejadian Perdarahan Ante Partum (Hap).

    Bidang penelitian rekam medik mengungkap bagaimana Tinjauan Tata Letak Ruang Guna Kelancaran Proses Pelayanan Rekam Medis; Tinjauan Proses Pengisian Persetujuan Tindakan Kedokteran.

  • Maret
    Vol 6 No 2 (2016)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkesia) edisi keenam bulan Maret 2016 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai Diet, Proporsi Tepung Terigu, dan Pola Konsumsi Zat Besi. Sedangkan penelitian kebidanan mengenai Tingkat Kepuasan Ibu Bersalin, dan Pengetahuan Orang Tua, serta Ketepatan Ibu Dalam Memenuhi Jadwal Imunisasi Dasar Pada Bayi. Adapun penelitian rekam medik mengenai Uraian Tugas, dan Kualitas Data Klinis.

    Dalam jurnal ini diungkapkan bagaimana Pengaruh Diet dan Olahraga sebagai Upaya Pengendalian Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2; Pengaruh Proporsi Tepung Terigu Dan Tepung Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas Var Ayamurasaki) Terhadap Kadar Protein, Volume, Pengembangan Dan Mutu Organoleptik Roti Manis; Hubungan Pola Konsumsi Zat Besi Dan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Fe Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil. Selain itu, diungkapkan juga bagaimana Gambaran Tingkat Kepuasan Ibu Bersalin Di Ruang VK Menggunakan BPJS; Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Upaya Pencegahan Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (Dbd) Pada Anak, serta Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pekerjaan Dengan Ketepatan Ibu Dalam Memenuhi Jadwal Imunisasi Dasar Pada Bayi.

    Bidang penelitian rekam medik mengungkap bagaimana Evaluasi Uraian Tugas Di Sub Bagian Rekam Medis Dan Sistem Informasi Manajemen; Tinjauan Kualitas Data Klinis Pasien Bedah Pada Rekam Medis Rawat Inap.

  • November
    Vol 5 No 1 (2014)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkesia) edisi kelima bulan November 2014 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai Zat Besi, Keanekaragaman Pola Konsumsi Pangan, Kandungan Vitamin C, dan Kejadian Diare. Sedangkan penelitian kebidanan mengenai Sikap Ibu, dan Minat Terhadap Motivasi Lansia. Adapun penelitian rekam medik mengenai Rumus Grafik Barber Johnson, dan Rumus Grafik Barber Johnson.

    Dalam jurnal ini diungkapkan bagaimana Pengaruh Asupan Zat Besi, Protein dan Vitamin C Sebagai Faktor Resiko Terjadinya Anemia pada Siswi; Gambaran Keanekaragaman Pola Konsumsi Pangan Ibu Hamil; Hubungan Kejadian Diare Dengan Pemberian Susu Formula Pada Bayi; Perbedaan Kandungan Vitamin C Dan Serat Kasar Pada Jus Jeruk Siam Banjar (Citrus Nobilis Var. Microcarpa). Selain itu, diungkapkan juga bagaimana Hubungan Sikap Ibu Terhadap Motivasi dalam Merawat Anak dengan Autisme; Hubungan Minat Terhadap Motivasi Lansia Dalam Menjalankan Kegiatan Spiritual.

    Bidang penelitian rekam medik mengungkap bagaimana Penyederhanaan Rumus Grafik Barber Johnson; Tinjauan Penggunaan Kartu Identitas Berobat dan Lama Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Lama.

  • Juli
    Vol 4 No 3 (2014)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkesia) edisi keempat bulan Juli 2014 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai Proporsi Labu Kuning, Pola Konsumsi Zat Besi dan Konsumsi Sumplemen Tablet Besi, dan Antara Tingkat Konsumsi Energi protein dan daya beli makan. Sedangkan penelitian kebidanan mengenai Tinggi Badan, Pemberian PASI, dan Peran serta Kader. Adapun penelitian rekam medik mengenai Keakuratan Kode Diagnosis Neoplasma, dan Keakuratan Data.

    Dalam jurnal ini diungkapkan bagaimana Pengaruh Proporsi Labu Kuning (Cucurbita moschata Durch) Terhadap Mutu (Karbohidrat dan Serat) Serta Daya Terima Kue Kering (Cookies); Hubungan Pola Konsumsi Zat Besi Dan Konsumsi Suplemen Tablet Besi Dengan Status Anemia; Hubungan Antara Tingkat Konsumsi Energi, Protein dan Daya Beli Makanan dengan Status Gizi. Selain itu, diungkapkan juga bagaimana Gambaran Tinggi Badan Anak Umur 0-36 Bulan; Pengaruh Pemberian PASI Terhadap Kejadian Diare Pada Bayi; Hubungan Peran Serta Kader dengan Pemanfaatan Sarana Alat Peraga dalam Penyuluhan Upaya Peningkatan Status Gizi Balita.

    Bidang penelitian rekam medik mengungkap bagaimana Tinjauan Keakuratan Kode Diagnosis Neoplasma; Tinjauan Keakuratan Data pada Sensus Harian.

  • Maret
    Vol 4 No 2 (2014)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkesia) edisi keempat bulan Maret 2014 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai Faktor-faktor Yang Berhubungan dengan Sisa Makanan Pasien Diabetes Mellitus, Proporsi Jamur Tiram Putih, Pengetahuan Gizi, Sarapan Pagi, dan Uang Saku. Sedangkan penelitian kebidanan mengenai Pemberian Kompres Hangat, Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Menghadapi Masa Pubertas dan Karakteristik Dukun Bersalin Tentang Kemitraan dengan Bidan serta Faktor yang mempengaruhi Kejadian Pneumonia pada Balita. Adapun penelitian rekam medik mengenai Standar Pelayanan Minimal Untuk Rawat Inap dan Rawat Jalan.

    Dalam jurnal ini diungkapkan bagaimana Pengaruh Proporsi Proporsi Jamur Tiram Putih Terhadap Kandungan Protein, kalsium dan Daya Terima Bakso Jamur ; Hubungan Pengetahuan Gizi, Sarapan Pagi, dan Uang Saku dengan Perilaku Kebiasaan jajan Anak Sekolah Dasar; Hubungan Antara Tingkat Konsumsi Energi, Protein dan Daya Beli Makanan dengan Status Gizi. Selain itu, diungkapkan juga bagaimana Pengaruh Pemberian Kompres Hangat Terhadap Status Dismenore Primer dan Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Menghadapi Masa Pubertas.

    Bidang penelitian rekam medik mengungkap bagaimana Analisi Standar Pelayanan Minimal untuk Rawat Inap dan Rawat Jalan.

  • November
    Vol 4 No 1 (2013)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkessia) edisi keempat bulan November 2013 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai Asupan Lemak, Tingkat konsumsi Energi dan Protein, Susu Formula, Tingkat Pengetahuan Diet dan Status Gizi, sedangkan penelitian kebidanan mengenai pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Adapun penelitian rekam medik mengenai Kelengkapan dan Keakuratan Pengisian Resume Medis, sedangkan penelitian kesehatan umum mengenai Ekstrak Metanol Biji Mahoni (Swetenia mahagoni Jacq) dan Kadar Biomarker Urine Monocyte Chemoattractant Protein-1.

    Dalam jurnal ini diungkapkan bagaimana hubungan asupan lemak terhadap rasio lingkar pinggang panggul; bagaimana Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Konsumsi Energi, Protein dengan Status Gizi; bagaimana hubungan susu formula dengan kejadian diare; bagaimana Hubungan Sikap Penurunan Berat Badan dan Pengetahuan Diet Terhadap Status Gizi. Selain itu diungkapkan juga tentang hubungan Pengetahuan Terhadap Sikap Remaja Putri Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI).

    Bidang penelitian rekam medik dan kesehatan mengungkap bagaimana Kelengkapan dan Keakuratan Pengisian Resume Medis Pasien Rawat Inap; bagaimana Pengaruh Ekstrak Metanol Biji Mahoni (Swetenia mahagoni Jacq) terhadap Penurunan Glukosa Darah dan Perbaikan Jaringan Pankreas Tikus; bagaimana Analisis Kadar Biomarker Urine Monocyte Chemoattractant Protein-1 Terhadap Klasifikasi Histopatologi Nefritis Lupus.

1 - 11 of 11 items