Gambaran Pengetahuan Suami Tentang Penggunaan Kontrasepsi Vasektomi Di Desa Pingaran Ilir Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar

Description of Husband knowlegde about usage of vasectomy contraception in Pingaran Ilir village regency of Banjar

  • Sadirah Hanim Akademi Kebidanan YAPKESBI Banjarbaru
  • Norzarimah Norzarimah

Abstract

Keluarga berencana merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan reproduksi dengan menggunakan alat kontrasepsi. Namun, partisipasi pria dalam menggunakan kontrasepsi tergolong rendah. Di desa Pingaran Ilir Rt 02 tidak terdapat data suami yang berpartisipasi dalam penggunaan alat kontrasepsi. Hal ini dapat disebabkan oleh tingkat pengetahuan dan kemampuan suami yang rendah untuk ber-KB. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  pengetahuan suami terhadap kontrasepsi vasektomi di desa Pingaran Ilir Rt 02 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar.


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purvosive sampling dengan sampel 48orang . Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2018 dengan menggunakan instrumen kuesioner.


Hasil penelitian tentang gambaran pengetahuan suami terhadap penggunaan kontrasepsi vasektomi di desa Pingaran Ilir Rt 02 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar  antaralain baik sebanyak 3 orang (6,25%), cukup sebanyak 19 orang (39,58%) dan  kurang sebanyak 26 orang (54,17%).


Berdasarkan simpulan di atas, maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik.

Published
Sep 12, 2019
How to Cite
HANIM, Sadirah; NORZARIMAH, Norzarimah. Gambaran Pengetahuan Suami Tentang Penggunaan Kontrasepsi Vasektomi Di Desa Pingaran Ilir Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Jurnal Kesehatan Indonesia, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 157-161, sep. 2019. ISSN 2549-1903. Available at: <http://journal.stikeshb.ac.id/index.php/jurkessia/article/view/180>. Date accessed: 15 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.33657/jurkessia.v9i3.180.
Section
Articles