• Maret 2024
    Vol 14 No 2 (2024)
  • November 2023
    Vol 14 No 1 (2023)
  • Juli 2023
    Vol 13 No 3 (2023)
  • Maret 2023
    Vol 13 No 2 (2023)
  • November 2022
    Vol 13 No 1 (2022)
  • Maret 2022
    Vol 12 No 2 (2022)
  • Juli 2022
    Vol 12 No 3 (2022)

    Publication of some articles in this issue will be delayed due to technical problems.

  • Juli 2021
    Vol 11 No 3 (2021)
  • November 2021
    Vol 12 No 1 (2021)
  • Maret 2021
    Vol 11 No 2 (2021)
  • Juli
    Vol 10 No 3 (2020)
  • November
    Vol 11 No 1 (2020)
  • Maret
    Vol 10 No 2 (2020)
  • November
    Vol 10 No 1 (2019)
  • Juli
    Vol 9 No 3 (2019)
  • Maret
    Vol 9 No 2 (2019)
  • November
    Vol 9 No 1 (2018)
  • Juli
    Vol 8 No 3 (2018)

    We apologize for the delay in the publication because there are some technical issues, so Volume VIII number 3 is published in November 2018

  • Maret
    Vol 8 No 2 (2018)

    Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi (STIKES) Husada Borneo, Kalimantan Selatan, 3 kali dalam satu tahun (catur wulan). Misi jurnal kesehatan Indonesia adalah menyebarluaskan berbagai informasi kesehatan dan mendiskusikannya melalui komunikasi tertulis ilmiah mengenai kesehatan di Indonesia baik kesehatan klinis maupun kesehatan sosial. Dengan demikian jurnal ini diharapkan mampu menjadi media interaksi bagi kalangan yang mempunyai perhatian terhadap dunia kesehatan antara lain organisasi-organisasi pelayanan kesehatan, dinas kesehatan, departemen kesehatan, dinas-dinas pemerintah terkait, industri obat, asuransi kesehatan, peneliti kesehatan dan ilmu terkait, pengajar, ilmuwan yang tertarik dengan aplikasi ilmu di sektor kesehatan. Isi jurnal dapat berupa artikel yang relevan dengan isu-isu kesehatan klinis dan sosial baik berupa artikel hasil penelitian, artikel review literature, atau artikel laporan lapangan (research report, literature review, field report)

  • November
    Vol 8 No 1 (2017)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkessia) volume VIII nomor 1 bulan November 2017 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medis dan informasi kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai perilaku hidup bersih dan sehat keluarga, serta gizi balita. Penelitian kebidanan meliputi sikap ibu terhadap larangan sunat perempuan, perbedaan posisi pada saat kala II, pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang hipertensi, dan faktor yang mempengaruhi kinerja dosen DIV Bidan Pendidik . Adapun penelitian rekam medis dan informasi kesehatan mencakup pelaksanaan pengumpulan, validasi dan verifikasi data rekam medis.

    Dalam jurnal ini diungkapkan penelitian gizi tentang bagaimana pengaruh penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan keluarga. Selain itu juga analisis hubungan tingkat pendapatan dan pengetahuan dengan perilaku ibu terhadap gizi balita. Bidang penelitian kebidanan membahas tentang perbedaan posisi terhadap waktu kala II pada ibu multipara, hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil dengan kejadian hipertensi dan menganalisis faktor yang mempengaruhi kinerja dosen DIV Bidan Pendidik

    Bidang penelitian rekam medis dan informasi kesehatan mengungkap tinjauan pelaksanaan pengumpulan, validasi dan verifikasi data rekam medis pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

  • November
    Vol 7 No 1 (2016)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkessia) volume VII nomor 1 bulan November 2016 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai analisis kandungan karbohidrat, serat, dan indeks glikemik pada hasil olahan beras siam unus, faktor motivasi pemberian penyuluhan kesehatan oleh petugas gizi, rasio lingkar pinggang panggul dengan kadar low density lipoprotein pasien penyakit jantung, hubungan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap status gizi dan status kesehatan anak. Penelitian kebidanan mengenai pelayanan persalinan bidan dan dukun, kejadian anemia pada ibu hamil, dan pemberian kunyit asam terhadap intensitas nyeri saat haid. Adapun penelitian rekam medik mengenai sistem pencatatan dan pelaporan terpadu puskesmas.

    Dalam jurnal ini diungkapkan penelitian gizi tentang bagaimana analisis kandungan karbohidrat, serat, dan indeks glikemik pada hasil olahan Beras Siam Unus Sebagai Alternatif Makanan Selingan Penderita Diabetes Mellitus, serta membahas evaluasi faktor motivasi pemberian penyuluhan kesehatan oleh petugas gizi di pos pelayanan terpadu lanjut usia, juga menerangkan hubungan rasio lingkar pinggang panggul dengan kadar low density lipoprotein pasien penyakit jantung, dan hubungan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap status gizi dan status kesehatan anak sekolah dasar.

    Bidang penelitian kebidanan membahas tentang pelayanan persalinan bidan dan dukun, serta hubungan pendidikan, pengetahuan, dan dukungan suami dengan kejadian anemia pada ibu hamil, dan membahas pengaruh pemberian kunyit asam terhadap intensitas nyeri saat haid pada remaja tingkat SMA.

    Bidang penelitian rekam medik mengungkap bagaimana hubungan jumlaj tenaga administrasi manajemen dan sarana pasaranan dengan keterlambatan dan ketidaklengkapan sistem pencatatan dan pelaporan terpadu puskesmas (SP2TP).

  • Maret
    Vol 7 No 2 (2017)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkessia) volume VII nomor 2 bulan Maret 2017 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medis dan informasi kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai pengetahuan, sikap, media masaa dan peran keluarga dalam mengkonsumsi buah dan sayur.  Selain itu juga menelaah aktifitas fisik, pola makan, konsumsi fast food dan genetik, serta mengangkat tentang teknologi pangan yaitu proporsi tepung terigu, tepung tempe dan tepung biji nangka. Penelitian kebidanan meliputi penyuluhan kesehatan, pengetahuan remaja, pengetahuan ibu postpartum primipara dan konsumsi daun kelakai untuk meningkatkan produksi ASI.  Adapun penelitian rekam medis dan informasi kesehatan mencakup penatalaksanaan petugas kesehatan balita diare dan kejadian ISPA pada anak balita

    Dalam jurnal ini diungkapkan penelitian gizi tentang bagaimana hubungan sikap, pengetahuan media masaa dan peran keluarga terhadap konsumsi buah dan sayur, menelaah hubungan aktifitas fisik, pola makan, konsumsi fast food dan genetik dengan kejadian obesitas pada remaja, serta menganalisis kandungan mutu kimia biskuit dengan proporsi tepung terigu, tepung tempe dan tepung biji nangka yang berbeda.  Bidang penelitian kebidanan membahas tentang pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan remaja, melihat gambaran pengetahuan ibu postpartum primipara tentang perubahan fisiologis pada masa nifas, serta pengaruh konsumsi daun kelakai pada produksi ASI

    Bidang penelitian rekam medis dan informasi kesehatan mengungkap analisis penetalaksanaan petugas kesehatan balita diare dan analisis kejadian ISPA pada anak balita di wilayah kerja Pelambuan.

  • Juli
    Vol 6 No 3 (2016)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkessia) volume VI nomor 3 bulan Juli 2016 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai pengaruh proporsi tepung dan daya terima mie basah, perbedaan mutu serta daya terima jus tomat, serta faktor risiko kejadian bayi BBLR. Adapun penelitian rekam medik mengenai pelaksaan family folder rekam medis, sedangkan penelitian kesehatan umum mengenai efektifitas penyuluhan NAPZA, kejadian dismenore, kejadian tuberkulosis paru, serta perilaku pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

    Dalam jurnal ini diungkapkan bagaimana pengaruh proporsi tepung terigu, tepung tempe, dan tepung daun kelor terhadap mutu (protein dan zat besi) dan daya terima mie basah; perbedaan mutu (karbohidrat, serat dan vitamin C) serta daya terima jus tomat (Lycopersicum esculentum var. grandifolium) berkulit dan tanpa kulit yang diolah menggunakan berbagai alat pengolahan sebagai minuman alternatif penderita diabetes mellitus; apa saja faktor-faktor risiko kejadian bayi berat badan lahir rendah (BBLR).

    Bidang penelitian rekam medik dan kesehatan mengungkap bagaimana tinjauan pelaksaan family folder untuk rekam medis rawat jalan di puskesmas; bagaimana efektivitas penyuluhan NAPZA terhadap tingkat pengetahuan siswa di SMK; bagaimana hubungan stres dan riwayat keluarga dengan kejadian dismenore; bagaimana hubungan kondisi lingkungan fisik rumah dengan kejadian tuberkulosis paru; bagaimana hubungan pengetahuan dan riwayat penyakit keluarga dengan perilaku pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada mahasiswi.

  • Maret
    Vol 6 No 2 (2016)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkesia) edisi keenam bulan Maret 2016 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai Diet, Proporsi Tepung Terigu, dan Pola Konsumsi Zat Besi. Sedangkan penelitian kebidanan mengenai Tingkat Kepuasan Ibu Bersalin, dan Pengetahuan Orang Tua, serta Ketepatan Ibu Dalam Memenuhi Jadwal Imunisasi Dasar Pada Bayi. Adapun penelitian rekam medik mengenai Uraian Tugas, dan Kualitas Data Klinis.

    Dalam jurnal ini diungkapkan bagaimana Pengaruh Diet dan Olahraga sebagai Upaya Pengendalian Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2; Pengaruh Proporsi Tepung Terigu Dan Tepung Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas Var Ayamurasaki) Terhadap Kadar Protein, Volume, Pengembangan Dan Mutu Organoleptik Roti Manis; Hubungan Pola Konsumsi Zat Besi Dan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Fe Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil. Selain itu, diungkapkan juga bagaimana Gambaran Tingkat Kepuasan Ibu Bersalin Di Ruang VK Menggunakan BPJS; Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Upaya Pencegahan Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (Dbd) Pada Anak, serta Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pekerjaan Dengan Ketepatan Ibu Dalam Memenuhi Jadwal Imunisasi Dasar Pada Bayi.

    Bidang penelitian rekam medik mengungkap bagaimana Evaluasi Uraian Tugas Di Sub Bagian Rekam Medis Dan Sistem Informasi Manajemen; Tinjauan Kualitas Data Klinis Pasien Bedah Pada Rekam Medis Rawat Inap.

  • November
    Vol 6 No 1 (2015)

    Jurnal Kesehatan Indonesia (Jurkessia) edisi keenam bulan November 2015 terbit dengan beragam hasil penelitian gizi, kebidanan, rekam medik dan kesehatan. Hasil penelitian gizi yang dimuat membahas mengenai proporsi daging ayam (Gallus Gallus) dan Jantung Pisang (Musa Paradisiaca), Tingkat Pengetahuan Gizi, Konsumsi Natrium, Kadar Protein dan Kadar Lemak Ikan Patin (Pangasius hypophtalmus), sedangkan penelitian kebidanan mengenai Pemberian Tablet Fe . Konsumsi Sayuran Kalakai, Pengetahuan Ibu Tentang Infeksi Kecacingan dan Efektivitas Paket Pereda Disminore . Adapun penelitian rekam medik mengenai Evaluasi Uraian Tugas dan Tinjauan Kualitas Data Klinis Pasien Bedah.

    Dalam jurnal ini diungkapkan bagaimana Pengaruh Proporsi Daging Ayam Dan Jantung Pisang Terhadap Kadar Protein, Kadar Serat, Kadar Air Dan Daya Terima Abon; bagaimana Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Konsumsi Natrium Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi; bagaimana Kadar Protein dan Kadar Lemak Ikan Patin (Pangasius hypophtalmus) dengan berbagai metode pengolahan. Selain itu diungkapkan juga tentang Perbandingan Antara Pemberian Tablet Fe dan Mengkonsumsi Sayuran Kalakai pada Ibu Hamil Terhadap Kenaikan Kadar Hb; tentang Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Infeksi Kecacingan dengan Status Gizi Balita dan mengenai Efektivitas Paket Pereda Terhadap Intensitas Nyeri Dismenore Pada Remaja.

    Bidang penelitian rekam medik dan kesehatan mengungkap bagaimana Evaluasi Uraian Tugas Di Sub Bagian Rekam Medis Dan Sistem Informasi Manajemen serta babagaimana Tinjauan Kualitas Data Klinis Pasien Bedah Pada Rekam Medis Rawat Inap.

1 - 25 of 31 items 1 2 > >>